04 April 2016

PIT4  : KETERANGAN DARI SURAH AL ADIYAT.

Allah bersumpah dengan kuda, kerana ia memiliki perangai terpuji yang tidak di miliki oleh binatang yang lain.  Ia adalah kendaraan untuk perang bagi orang arab dan mempunyai pengaruh atas jiwa kaum mukminin.
Padahal ,terdapat ajakan untuk memiliki kuda dan berlatih dengannya untuk berjihad di jalan Allah. Juga seruan untuk membiasakan diri dengan urusan yang besar, bersungguh – sungguh dan  beramal, serta untuk memiliki kuda dengan maksud – maksud yang baik.
Kelanjutan dari sumpah tersebut adalah penjelasan tabiat manusia, bahwa dia mengingkari nikmat dan lupa bersyukur pada Khaliq Sang Pemberi nikmat dan sering kali hal itu membawanya tidak tunduk pada syariat Allah serta hukum – hukumNya.
Terdapat penjelasan bahawa  sangat cintanya manusia kepada harta, hal itu membuatnya kufur dan meninggalkan infaq. Bahkan engkau lihat mereka bersungguh – sungguh mencari harta, hingga bersedia membinasakan dirinya demi harta.
Mereka memperhatikan dunia dan berpaling dari akhirat serta lupa pada hak Allah atas apa yang di berikan, sehingga Allah mengancamnya dan menjanjikan siksaan jika di tetap pada sifat-sifat ini dan tidak memperbaiki akhlaknya.
أَفَلَا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ , وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ
“apakah mereka tidak tahu, tatkala di bangkitkan apa yang ada di dalam kubur dan dilahirkan apa yang ada di dalam dada”
Artinya
Apakah orang yang mengingkari dan pura  – pura lupa akan perintah dan larangan Allah mengetahui apa yang terjadi jika dia keluar dari kuburnya dan tampak jelas apa yang ada pada dirinya, dari :niat – niat, kemauan – kemauan, kebaikan , dan keburukan.

PENGAJARAN DARI SURAH 

1.Targhib untuk berjihad dan bersiap untuk itu dengan memiliki alatnya.
2. Penjelasan tentang hakIkat manusia, bahwa dia mengingkari nikmat – nikmat Rabbnya dan kebanyakan mereka akan terus mengingat musibah yang pernah menimpanya serta melupakan nikmat tatkala nikmat itu melimpah ruah, kecuali mereka yang beriman dan beramal shaleh.
3. Penjelasan tentang tabiat manusia yang sangat cinta pada hatrta.
4. Penetapan akidah tentang kebangkitan dan perhitungan.
(dikutip dari buku Ad -Durusil Muhimmah Li Ammatil Ummah, Penerbit Cahaya Tauhid Press)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home